7 Peninggalan Kerajaan Banten yang Masih Bertahan hingga Saat Ini

7 Peninggalan Kerajaan Banten yang Masih Bertahan hingga Saat Ini

Apa saja peninggalan Kerajaan Banten yang tetap bertahan hingga waktu ini, guys?

Peninggalan Kerajaan Banten yang tetap bertahan merupakan bukti keliru satu kerajaan Islam di Indonesia. Bahkan peninggalan Kerajaan Banten juga juga sebagai area bersejarah. Kerajaan Banten menjadi keliru satu kerajaan Islam di Pulau Jawa dan dulu menguasai jalan perdagangan dan pelayaran. Hal ini di dukung bersama posisi strategis Kerajaan Banten yang berada di ujung barat Pulau Jawa.

www.mengulikbanten.com

Pada abad ke-16 Sunan Gunung Jati atau Syarif Hidayatullah mendirikan Kerajaan Banten. Meski demikian, Sunan Gunung Jati enggak bertindak sebagai raja. Raja pertama Kerajaan Banten yang berkuasa pada tahun 1552-1570 Masehi adalah Sultan Maulana Hasanuddin. Sultan yang berkuasa pada waktu itu tetap keturunan Nabi Muhammad supaya agama Islam menjadi pedoman rakyatnya.

Yuk, kita cari paham apa saja peninggalan Kerajaan Banten yang tetap bertahan hingga waktu ini!

Peninggalan Kerajaan Banten yang Masih Bertahan hingga Saat Ini

  1. Meriam Ki Amuk

Salah satu peninggalan Kerajaan Banten yang tetap bertahan hingga waktu ini, yaitu Meriam Ki Amuk.  Meriam Ki Amuk terdapat di di dalam Benteng Speelwijk. Menurut sejarahnya, meriam ini punya kekuatan tembakan yang jauh dan punya ledakan yang besar.

  1. Danau Tasikardi

Danau Tasikardi merupakan keliru satu peninggakan Kerajaan Banten yang tetap bertahan hingga waktu ini, guys. Danau Tasikardi dibikin pada masa pemerintahan Sultan Maulana Yusuf dan dilapisi oleh keramik dan batu bara.

  1. Benteng Speelwijk

Benteng Speelwijk merupakan bukti penjagaan Kerajaan Banten atas serangan laut. Di samping itu, benteng Speelwijk juga digunakan untuk memantau kesibukan pelayaran.

  1. Vihara Avalokitesvara

Salah satu peninggalan Kerajaan Banten adalah Vihara Avalokitesvara. Vihara ini menjadi bukti dapat keterbukaan Kerajaan Banten bersama seluruh agama. Nah, Vihara Avalokitesvara punya dinding yang punya relief legenda siluman ular putih.

  1. Masjid Agung Banten

Masjin Agung Banten berada di desa Banten Lama, kecamatan Kaseman. Masjid ini punya keunikan yaitu bentuk menara yang sama bersama mercusuar dan bagian atapnya sama pagoda, guys. Di bagian kanan dan kiri terdapat serambi dan makan Kesultanan Banten dan keluarganya.

  1. Istana Keraton Kaibon

Istana Keraton Kaibon juga juga keliru satu peninggalan Kerajaan Banten yang tetap ada hingga waktu ini. Istana Keraton Kaibon adalah area tinggal Ratu Aisyah yang merupakan ibunda dari Sultan Saifudin.

  1. Istana Keraton Surowosan

Selain peninggalan di atas, Istana Keraton Surowosan juga juga peninggalan Kerajaan Banten, guys. Istana Keraton Surowosan menjadi pusat pemerintahan Kerajaan Banten sekaligus sebagai area tinggal para sultan Banten.

Nah, itulah informasi mengenai peninggalan Kerajaan Banten yang tetap bertahan hingga waktu ini.